Halaman

Sabtu, 21 Januari 2012

Gundu Jongjai

hhmm..
kayaknya bakal tergiat kembali dengan blog gue yang lagi galau :D
soalnya udah satu bulan kurang sehari gue kagak muncul lagi di blog jongjai gue ini.
mungkin dari hasil cari mencari gue dalam satu bulan ini bakal dapet gua tuangin dalam selembar kertas yang udah usam ini -_-


kali ini gue bakal ngebahas (membahas) tentang sebuah bakat terpendam yang telah terukubur sejak gue dilahirkan.

Dulu, "backsound terlambat sudah-panbers" di sebuah Sekolah Dasar yang berada dalam hiruk pikuk kota Bekasi Timur yang pernah gue jejaki selama beberapa tahun silam itu  pernah menjadi tempat yang sangat berkenang bagi gue, mengapa tidak?, soalnya, mulai dari kelas 1 sampai kelas 5 SD gue sekolah di sana, #iyadaritadiluudahngomong. 




Tepatnya kelas 4 sd, saat itu sedang nge-trend banget yang namanya musim-musiman permainan khas Indonesia, yaitu :
Gundu (Kelereng), yang bulet itu loh, yang terbuat dari kaca, yang ada motifya didalemnya,iiiihh.. yang bulet               
   itu tuh!!!
- Bekel (bola karet cewe) yang kalo dipantulin balik lagi ke atas, terus sama biji-bijinya yang warna emas kalau 
  ga yaaa kayak gitulah!
- Gambaran (kertas bergambar dora, pongbob, supermen, betmen, belum ada upin ipin yee)
- udah, cuman segitu yang lagi musim :D

nah, kalo gue punya pengalaman yang buruk dengan musim yang paling atas, yaitu,gundu, soalnya gue dulu jago banget main gundu, coba aja lu bayangin males amatsetiap kali gue sekolah, pasti gue bawa 5 biji, atau butir, kalau ga 5 buah, atau 5 helai gunduyang menggerincing dalam kantong celana merah gue. Modal 5 biji itu yang bakal menjadi pertaruhan gue dalam medan pertempuran gundu dengan para penggulat gundu lainnya, yang paling gue nanti pas jam setengah 4 sore (pas kelas 4 gue masuk siang terus)adalah istirahat. Disaat orang-orang atau para jongjai sedang istirahat, gue serta pasukan yang lain udah siap ditengah kerasnya medan lapangan sekolah gue, di sana udah terlihat berbagai macam pertempuran yang sedang panas dan di depan kelas-kelas udah terdapat ribuan gambaran yang sedang bermain, juga suara gemerincing permainan bola bekel yang nyatanya tidak hanya dimainkan oleh kaum hawa saja, kaum banci pun ikut menunaikannya.

Oke, balik lagi ke pertempuran pasukan gundu yang tengah membara, dan mulanya sebelum gue turun ke lapangan buat ikut bertempur, gue perhatikan dulu segala macam pergerakan dan taktik mereka dalam mempermainkan si kaca bulat itu, saat itu gue merasa minder dengan hanya menggenggam 5 biji gundu ditangan kecil gue, dengan 2 buah uang 500 logam yang gue iket pake karet gelang di baju gue, sambil ingus meler terus belek ke mana mana. Gue perhatikan semuanya dengan seksama, dan yang paling jago di antara mereka juga tidak luput dari pandangan gue.

Akhirnya setelah semuanya gue rasa cukup buat jadi pertimbangan gue, akhirnya gue turun ke medan pertempuran dan ikut bertempur di sana.
"woii.. gue ikutan dong!"
"punya gundu ga lu war?"
"nih gua ada 5 biji"
"yaah.. kurang bego.."
"emang kenapa?"
"lu harus masang 7 biji, terus gacokan lu satu"
"berarti gue kurang 3 lagi dong?"
"iya, beli dulu gih sana!"
"iya dah"

gue agak kecewa saat itu, tapi untungnya gue punya uang gopean logam yang terikat dalam baju gue, terus gue lari ke abang-abang yang jualan gorengan buat beli gorengan dulu 200 perak, terus pake saos, gorengannya banyak minyaknya #kok malah ke gorengan sih?
oh ya lupa, balik lagi ke gundu, akhirnya gue ke abang-abang yang jualan gundu, harga satu plastik gundu waktu itu cepek, isinya dua biji, karena tanggung akhirnya gue beli dua plastik, jadi akhirnya gue punya 4 biji gundu baru, dan total semua gundu gue waktu itu ada 9 biji, tapi gue rasa tanggung juga, akhirnya biar jadi sepuluh tuh, gue beli lagi satu plastik lagi, tapi gue cuman minta satu aja, biar pas gundu gue, #bego apa polos?


udah tuh, gue megang 10 gundu, dan total semua pembayaran yang harus gue transfer senilai 300 rupiah. hingga semua uang gue tersisa 500 rupiah lagi, kalau kata guru akuntansi gue waktu SD, semua pengeluaran harus di catat dalam Jurnal umum dan harus di posting ke buku besar baru dibikin laporan keuangan buat dipublikasikan karena perusahaan gue udah go publik dan bisa menjual saham ke perusahan lain atau ke individu yang mau membeli lembaran saham perusahaan gue, biar mereka bisa investasi dan semua uang investor tersebut dapat berkembang #Woooooooiiiiiiiiii!!!!! ke mana woooiiii!! :@


oke, balik lagi ke SD, gue udah mau mengeluarkan uang 300 perak buat bayar gundu, 10gundu yang gue genggam lepas berceceran kaya darah-darah di pilem zombi,gundu-gundu gue lenyap sudah sebanyak 6 biji masuk ke comberan, mana kedalaman comberan itu bisa mencapai 100 ribu kaki di bawah permukan laut #lebay lu war!
yaudah, dengan rasa yang amat kecewa, gue pengen nangis, tapi gue ga mau ganteng gue ilang hanya karena gue nangis gara-gara gundu gue lenyap ditelan bumi, akhirnya dengan sikap yang pura pura wibawa gue membayar gundu gue yang jatoh itu ke abang tukang baso, eh abang tukang gundu #abangtukang gundu?


yaudah tuh, dengan hati merana, gue harus membayar barang yang gue ga bisa dapet, bukannya malah bertambah gundu gue, malah berkurang satu, yang tadinya ada 5 sekarang tinggal 4 biji.. joonngjaii!!


gue kecewa banget dengan gundu gue yang tinggal 4 biji, tapi karena gue masih punya gope lagi, akhirnya karena rasa kesal gue, gue habisin semua duit gue buat beli gundu, padahal itu duit buat ongkos gue balik, #yang namanya udah kesel?
Udah tuh, gue punya 14 gundu, betapa puas sepuas puasnya gue punya 14 gundu.

dengan semangat yang begitu panas dan membara gue memacu kaki gue ke medan pertempuran itu tanpa memperdulikan lagi gue balik nanti pake apaan?..
ternyata gue kaga sadar kira-kira 7 meter dari hadapan gue ada gundu yang sedang berbasris menghadang gue akhirnya gue ngerem mendadak dan gundu gundu gue terlempar entah ke mana perginya, semuanya terlempar dari genggaman gue, semua temen-temen gue berebut ngambil gundu mereka masing-masing,
mungkin gundu gundu gue juga ikut ke ambil sama mereka terus pada pura pura ga tau itu, dan emang dasarnya juga gua lambat akhirnya gua kaga megang gundu sama sekali. pada saat itu juga terdengar suara bel masuk, akhirnya gue kaga main gundu sore itu juga, semua perjuangan gue dari awal istrirahat, dengan belagunya gue akhirnya kaga bisa mencicipi pertempuran itu.

akhirnya gue pulang dengan kegalauan, mana kaga ada ongkos balik, gue jalan pulang ke rumah menempuh jarak 6 km itu #sotoyamatgue
tapi asli, gue ngeneess banget, pengen sekali rasanya gue teriak sekencang-kencangnya di pinggir rel kerete api, terus ketabrak kereta api dan akhirnya gue tenang di surga bersamagundu gunduers yang lainnya :D #janganduluyaAllah u,u

0 Nasihat Jon:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Marbot Kadu Sikat WC | Kamar Mandi Wangi - KAMMI KOM.UNTIRTA | Pokoknya Nyaman