Halaman

Senin, 07 November 2011

Bebekyu Apa Jongjai ?

Sumpah, udah kaya jongjai, manggang daging sapi udah kaya manggang sampah di belakang kelas X.9, udah kaga ada bentuknya, orang mah biasanya manggang di tusuk gitu pakai bambu, ini mah mau blagu-blaguan di bebekyu apalah namanya ?


ceritanya gw di sekolah tadi abis dapet daging sisa qurban, bingung mau ngabisinnya gimana, yaudah gw ajak anak - anak aja buat ngabisin, eh terus ada ide dari A Nico manggang di rumah nya bang Imam aja, waktu itu ada aidaana, uliuwidsayaditashintiabellaayu, sama bang isel, kebetulan bang isel lagi ulang tahunnya yang ke 32, maklumlah, udah tua. makanya kami sebagai penerus bangsa bertekad untuk manggang sapi yang alot.


saat itu gw sedang mengiris - ngiris daging sapi biar tipis pakai pedang bu jing yun bang imam, lumayan tajem sih.dengan sentuhan dan belaian lembut jemari lentik gw menyusuri setiap tekstur daging sapi yang merah merekah bak bibir dita.

sambil gw ngiris daging, bg imam nyalain bara cinta pakai arang yang udah hitam, dengan hati yang sabar dan penuh ketelitian dia nyalain api dengan bantuan hembusan nafas gw, akhirnya sedikit demi sedikit api menyala dengan gagah di hadapan manusia - manusia yang sedang kekenyangan.

daging - daging yang udah gw iris yang kaga tau apa bentuknya, ada yang tebel lah, tipis lah, ada yang besar ada yang besar-besar dan ada yang tidak beres.
sebelum di letakkan di atas kawat atau apalah namanya kaga tau gw,

ini nih, kaya tempat buat bakar ayam itu tuh......


Pembawa Sengsara




iya tuh kaya gitu tuh, gw taro dengan hati - hati biar kaga ada yang jatoh, soalnya dagingnya kecil - kecil gw potong, jadinya ada kemungkinan dagingnya menyelinap masuk ke sela - sela kawat.
tapi tetap, dengan keyakinan yang teguh dan kokoh kami bertekad bulat untuk meneruskan misi jongjai ini.
setelah bara cinta telah membara, daging siap dipanggang, perlahan gw taro diatas bara cinta, gw kipas dan gw hayati dengan tetesan keringat cinta dari nenek dan sebuah biskuit dan sulaman selimut dari wol untuk cucu tercinta sambil duduk di kursi goyang dan sebotol susu memenuhi bibir.

ternyata pengorbanan itu sia - sia, dengan enaknya daging daging itu lepas dan jatoh dari kawat, mereka ga tau diri, siapa yang udah merawat mereka, mengurusi mereka, tapi mereka tinggalkan kami begitu saja, tapi kami ga rela daging - daging itu pergi, dengan pedang bu jing yun satu persatu daging yang jatuh ke bara cinta itu kami telusuri dan kami ambil mereka walau tangan membara.

abu, pasir, kecap, batu - batu kecil, dan daging yang jatuh itu sulit sekali buat di ambil, karena kesal dan greget, ga tau dah udah kaya ngaduk kopi tuh daging akhirnya bisa juga di ambil dan kami kembalikan ke kawat tadi, dan ada pula yang gw diemin aja mungkin karena emang daging itu banyak dosanya baru setelah mateng baru gw ambil lagi dengan penuh kebencian dan kekasaran.

tapi ternyata, daging yang jatuh jatuhan itu ternyata  enak dan gurih, garing - garing gimana gitu, gw cobain ternyata bener, ada yang gurih - gurih, terus bau - bau arang gitu, tapi entah siapa yang bego, kok gurihnya lama dan gurih banget, rasanya udah kaya gigit kerupuk belum mateng, ternyata sialan, gw kira emang gurih beneran gitu dari dagingnya, taunya yang bikin garing di mulut itu batu - batu sama pasir yang nempel di dagingnya, tapi karena gw sayang sama makanan dan ga tegaan orangnya sama makanan, akhirnya dengan lapang dada gw terima batu dan pasir itu menyusuri alat pencernaan gw. ga tau dah ntar jadi apa ? :O

makanya, satu pesen gw, jangan blagu - blaguan mau bikin bebekyu pake di iris - iris dagingnya, orang mah mau bikin bebekyu ada modal, lah ini ala kadarnya. ini semua gara - gara ga ada kehadiran sang tusuk sate, kemana kah perginya selama ini, padahal kami sangat membutuhkan sosok seperti dia.
yaahhh.... apalah daya..... :(
Kemanakah engkau?
maksud gw apa ya bikin kaya beginian? :O
seru juga kaga ceritanya.

tapi ini memberikan sebuah pengalaman bagi gw, kalau kita mau bikin sate itu harus ada tusuk sate. -__-"

0 Nasihat Jon:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Marbot Kadu Sikat WC | Kamar Mandi Wangi - KAMMI KOM.UNTIRTA | Pokoknya Nyaman